Prosedur Penggantian Paspor (Habis Berlaku )

Sekitar pertengahan tahun 2008, saya sempat menulis tentang prosedur pengurusan Surat Perjalanan Republik Indonesia (SPRI/paspor). Dan karena paspor saya sudah hampir masa berlakunya, maka saya melakukan ppenggantian paspor (habis berlaku) di Kanim Kelas I Khusus Surabaya. Sebagaimana posting saya sebelumnya, saya sangat menyarankan untuk menggunakan fasilitas pendaftaran online terlebih dahulu agar proses pengurusan lebih mudah dan cepat.

Dokumen yang harus dibawa pada saat datang ke kantor Kanim sbb:

  1. Print-out pra permohonan personal (online)
  2. KTP + fotokopi 1 lembar (A4, dalam satu halaman)
  3. Kartu Keluarga + fotokopi 1 lembar (A4)
  4. Akta kelahiran/ijazah/surat nikah (pilih salah satu) + fotokopi 1 lembar (A4)
  5. Paspor lama + fotokopi 1 lembar (A4)
  6. Map + surat pernyataan + sampul paspor (dibeli di loket sebelah Masjid)
  7. Uang Rp. 255.000,00

Bagi Anda yang bekerja di instansi atau perusahaan, kemungkinan besar Anda akan diminta untuk mempersiapkan surat rekomendasi dari instansi atau atasan pada saat datang di kantor imigrasi. Setelah Anda mengisi surat pernyataan dan memasukkan semua dokumen ke dalam map, bawalah dokumen tersebut ke loket 2 (permohonan via internet). Petugas akan melakukan verifikasi dokumen Anda dan meminta Anda untuk menunggu sebentar. Setelah Anda dipanggil kembali di loket 2, Anda akan diminta untuk menunggu nama Anda dipanggil di loket 5. Setelah petugas loket 5 memanggil nama Anda, Anda akan diberikan kembali bukti pra permohonan personal + nomor antrian Anda. Tunggulah sampai petugas di loket 4 (kasir) memanggil Anda untuk melakukan pembayaran dan memberikan kuitansi untuk melakukan foto (antri juga sampai nama Anda dipanggil), yang merupakan tahapan terakhir.

Sebagai informasi, dengan melakukan aplikasi online terlebih dahulu, saya hanya memerlukan waktu kurang lebih 2 jam di kantor imigrasi, dari loket 2 sampai dengan foto (dari jam 8 s/d jam 10 pagi). Paspor yang baru bisa Anda ambil sekitar 4-6 hari kerja. Ditjen Imigrasi telah menyediakan nomor yang bisa Anda SMS untuk mengetahui apakah paspor Anda telah siap untuk diambil atau belum (bisa dilihat di kuitansi pembayaran).

Tips: datanglah sepagi mungkin ke kantor Kanim.

Good luck!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s